Tuesday 18 January 2011

Rusuh Saat MUSMA HIMAKOM IAIN SUPEL

Posted by Admin 04:21:00, under ,, | No comments


HIMAKOM (Himpinan Mahasiswa Komunikasi) merupakan suatu organisasi intra kampus di bawah naungan Prodi Komunikasi yang beranggotakan para mahasiswa komunikasi. Salah satu tujuan didirikannya organisasi ini adalah untuk mengembangkan skill para mahasiswa ilmu komunikasi.
Bnyak agenda-agenda yang telah dilaksanakan oleh HIMAKOM, salah satunya adalah MUSMA (Musyawarah Mahasiswa) yang dilaksanakan tiap tahun sekali dan merupakan acar tertinggi di HIMAKOM.
Tepat tanggal 14-17 Januari 2011, HIMAKOM mengadakan MUSMA sekaligus OSMAJUR (Orientasi Jurusan) yang diikuti kurang lebih 109 peserta dari semester satu. MUSMA yang seharusnya dilakukan pada waktu itu juga terpaksa harus di hentikan dan di tunda hingga ada waktu yang tepat karena pada pelaksanaan MUSMA tersebut terjadi Kericuhan dalam Forum.
Kericuhan terjadi pada hari ke dua sabtu, 15 januari 2011 pada  Sidang Pleno satu yang dipimpin oleh Ainul (sapaan akrabnya). Pasalnya kericuhan itu berawal dari salah satu mahasiswa yang merasa dipolitiki oleh para senior HIMAKOM. Para peserta tampaknya kecewa dan tidak setuju kalau MUSMA ini di ikut sertakan dalam OSJUR, dengan alasan bahwa “mengapa MUSMA ini hanya diikuti oleh semester satu saja padahal Mahasiswa Komunikasi bukan hanya semester satu?” berawal dari sisnsilah Peserta Mencoba menyudutkan PINDANG (Pimpinan Sidang) dengan berbagai pertanyaan yang seharusnya tidak perlu dijawab. Misalnya “apakah bisa anda membuktikan hitam di atas putih bahwa MUSMA ini adalah Legal?”.
Dengan berbagai penjabaran oleh pindang, para mahasiswa sedikit paham dan mulai mereda yang asalanya panas. Kemudian peserta pun meminta agar pemilihan KETUM tidak di lakukan saat itu juga, atas permintaan forum, Pindangpun menghapus poin ketiga yaitu tentang pemilihan Ketua Umum. Karena waktu sudah menunjukan saatnya istirahat maka Pindang memutuskan untuk Break sejenak dan akan dilanjutkan setelah sholat dhuhur.
Sidang kedua dimulai, para panitia tidak habis pikir kalau Forum kedua ini akan tambah semakin memanas. Seusai pindang membuka forum, suasana memanas terjadi dan peserta meminta saat itu juga sidang dibatalkan, peserta juga mengancam jika MUSMA tetap dilaksanakan maka pesrta semua akan pulang. Suasana semakin tidak terkendalai saat panitia berusaha membawa peserta yang diduga profokator tersebut keluar forum, Dalam kericuahan tersebut sempat terjadi adu fisik antara peserta dengan panitia, sehingga memancing peserta lainnya untuk membela dan bersikap anarkis.

0 comments:

Post a Comment