Monday 20 June 2011

Workshop Kaderisasi; Penanaman Konsep Kaderisasi Untuk PC. IPNU Se-Jatim

Posted by Admin 02:28:00, under ,,,, | No comments

           Sebenarnya banyak sekali potensi para kader IPNU di daerah – daerah yang belum terwadahi dengan baik. Hal ini sangat disayangkan, karena potensi yang seharusnya dapat menigkatkan internal IPNU sendiri harus terabaikan begitu saja. Melihat kondisi seperti ini perlu kiranya membenahi wadah untuk memperkuat pengkaderan mulai dari tingkat bawah seperti Pimpinan Ranting, Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Cabang, Pimpinan Wilayah hingga Pimpinan Pusat.
          Mengingat begitu luasnya jangkauan untuk target pengkaderan maka perlu adanya wadah pengkaderan di setiap tingkatan, seperti Pimpinan Pusat harus memiliki wadah pengkaderan di masing – masing Wilayah se Indonesia, kemudian Pimpinan Wilayah harus memiliki wadah pengkaderan di setiap cabang dan begitu seterusnya hingga tingkatan paling bawah Pimpinan Ranting. Upaya ini sangat efektif untuk mencetak kader – kader yang militan.
         Semakin banyaknya paham maupun wacana – wacana yang mungkin mencoba untuk menyimpang dari Ahlussunah Waljama’ah yang hamper di setiap tingkatan, khususnya tingkat bawah yang pada umumnya masih polos menjadi perhatian khusus Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ualam Jawa Tmur dalam membentengi kader – kader yang masih Polos tersebut.
         Saya pikir terobosan yang sangat luar biasa di tengah – tengah era Global seperti saat ini. Workshop Kaderisasi dengan tema “Revitalisasi Pengkaderan, Menyongsong Masa Depan IPNU”, begitulah kiranya upaya yang dilakukan oleh PW. IPNU Jatim bekerjasama dengan PP. IPNU Jakarta. Yang mana acara dikemas sedikit berbeda dari LATPEL ( Latihan Pelatih ) yaitu Proses prngkaderan yang harus dilalui sebelum masuk kepengurusan di tingkat Pimpinan Cabang (PC). Dengan diadakanya kegiatan ini PW. IPNU Jatim berharap agar para delegasi yang dikirim untuk mengikuti Workshop dapat dijadikan perantara dalam mewadahi kader di daerahnya masing-masing.
        Tim pengkaderan PW. IPNU Jatim, Rekan Imam Fadli menjelaskan dalam pembukaan Workshop Kaderisasi tersebut, “memang sengaja dalam proses pengkaderan ini dibuat seperti Worshop karena memang sama sekali tidak mengurangi eksistensi daripada materi itu sendiri. Ini adalah bentuk upaya kami sebagai Tim Pengkaderan untuk IPNU Wilayah Jawa Timur mungkin dirasa Workshop ini kurang maksimal namun ini adalah salah satu upaya kami kepada para kader untuk mencetak kader yang berkualitas”.
        Workshop yang dilaksanakan di Balai PUSDIKLAT PW. LP. Ma’arif Jawa Timur tersebut diikuti oleh masing-masing delegasi dari setiap Cabang yang ada di Jawa Timur yaitu 42 Cabang. Forum yang sangat tepat, dimana Pengurus Pimpinan Wilayah dan Tim Pengkaderan Cabang berkumpul dalam satu ruangan. Hal ini dapat dimanfaatkan baik dari Wilayah maupun Cabang, Wilayah menjadi apa kendala dalam proses pengkaderan yang ada Cabang se-Jatim. Begitu sebaiknya, Cabang dapat menshare langsung ke Wilayah terkait dengan maslah yang ada di daerah masing-masing. Semoga dengan adanya terobosan ini khususnya kader IPNU menjadi lebih kompeten.

0 comments:

Post a Comment