Kamis, 29 September 2011

PLANNING (PERENCANAAN)

Posted by Sutamaji 10.47.00, under ,,, | No comments


PLANNING (PERENCANAAN)
Let’s Start With
By: Aun Falestien Faletehan

Manajemen dakwah, Fakultas Dakwah
IAIN Sunan Ampel Surabaya
2010
  
A. Perencanaan
·        Sebuah kegiatan yang menghubungkan fakta dan membuat atau menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa depan dengan cara merumuskan kegiatan kerja untuk pencapaian hasil yang diinginkan (G.R. Terry)
·        Fungsi seorang manajer yang berhubungan dengan pemilihan tujuan, kebijakan, prosedur, program kerja, dan aturan-aturan lain dari semua alternatif yang ada (Harold Koontz & Cyril O’Donnel)
Yang dihasilkan
·        Nama organisasi
·        Slogan
·        Visi, misi, values (nilai)
·        Tujuan (Goals)
Perencanaan strategik (tujuan jangka panjang) >5th
Perencanaan taktik (tujuan jangka menengah) <5th
Perencanaan operasional (tujuan jangka pendek) <1th
Nama organisasi
·        Terjemahan dari visi dan misi organisasi
·        Mudah diingat, catchy
·        Unik dan berbeda dengan kompetitor
·        Marketable
Apa maknanya
·        Apple
·        Maspion
·        Extra Joss
·        Masjid Agung
·        Bank Mandiri

·        Google?
·        Warung Lumayan?
·        Restoran sederhana?
 
Slogan
·        Frase singkat yang dibuat untuk ekstra identitas dan komunikasi pemasaran (Marketing Communication)
·        Sering kali berubah sewaktu-waktu

·        Contoh;
1.      Pegadaian: “Mengatasi masalah tanpa masalah”
2.      Teh Sosro: “Apapun makanannya, minumannya tetap Sosro”
3.      Cancow: “Aku dan kau suka Dancow”
4.      BNI: “Loyalitas tanpa batas”
5.      General Electric: “Invest and Deliver”
6.      Intel: “Leap ahead”
7.      McDonald’s: “I’m Lovin’ it”
Visi
·        Burt Nanus, pengarang buku Visionary Leadership, mendefinisikan visi sebagai “a realistic, credible, attractive future for an organization”
·        Sebuah gambaran tentang di mana dan bagaimana organisasi akan menjadi di masa mendatang
Guna visi
·        Melahirkan nilai organisasi
·        Mendorong komitmen individu organisasi
·        Memotivasi kinerja
·        Sebagai arahan dalam pengambilan keputusan
Contoh visi
·        “To be the First choice in the printed Communications Business, the First choice is the best choice, and being the best is what Atlanta Web pledges to work hard at being-every day!”
Atlanta Web Printers, inc.
·        People;
-         Henry Ford (1863-1947): “I will build a car for the great multitude; so low in price that no man will be unable to own one”
-         Walt Disney (1901-1966): “to bring happiness to millions”
Contoh visi
“Menjadi bank kebanggaan nasional yang unggul dalam layanan dan kinerja”
............... Bank BNI
B. Mission Statement
·        Pernyataan misi yang bagus adalah yang menggambarkan tujuan organisasi, kebutuhan konsumen, penjelasan produk-jasa, sistem pasar, falsafah organisasi dan teknologi.
·        Menurut Vern McGinnis, pernyataan misi sebaiknya:
1.      Mendefinisikan organisasi dan apa yang hendak diinginkan
2.      Cukup luas dalam memberikan peluang untuk berkembang
3.      Berbeda dengan pesaing
4.      Sebagai framework untuk evaluasi masa sekarang dan prospek masa depan
5.      Dijelaskan dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami semua orang
Karakteristik pernyataan misi
1.      Deklarasi sikap (attitude)
-         Menunjukkan di mana organisasi beroperasi
-         Identitas diri
·        Misi Apple Computer tidak mungkin mengarah kepada peluang bisnis pestisida
·        Misi Ford Motor tidak mungkin ke arah pembuatan produk makanan
2.      Orientasi konsumen
-         Identifikasi kebutuhan pasar dan penuhi keinginannya
-         Gunakan bahasa ‘manfaat’ dari pada bahasa ‘produk’
·        Misi AT&T fokus kepada komunikasi dari pada telepon
·        Misi Exxon fokus pada energi dari pada minyak dan gas
·        Misi Union Pacific fokus kepada transportasi dari pada rel kereta api
·        Misi Universal Studio fokus kepada hiburan (entertainment) dari pada musik atau film
3.      Deklarasi kebijakan publik
-         Tanggung jawab sosial
-         Etika bisnis
Contoh, General Electric:
1.1  billion people lack access to an adequate water supply.
“We’re devising innovative, suistainable Solutions to the environmental challenges of Resources scarcity” our Business strategy is to develop Products to mete our customers’ environmental challenges while driving growth for GE
Contoh misi
·        Pfizer, inc, is a research based global Health care Company
·        Our principal mission is to apply scientific knowledge to help people around the world enjoy longer, healthier and more productive lives
Contoh misi
Memaksimalkan stakeholder value dengan menyediakan solusi keuangan yang fokus pada segmen pasar korporasi, komersial dan konsumer.
......... Bank BNI
Values
*  Sebagai nilai-nilai organisasi yang menjelaskan bagaimana individu bersikap sekaligus sebagai kompas untuk aksi organisasi
Contoh:
Coca Cola
-         Leadership: The courage to shape a Bette future
-         Collaboration: Leverage collective genius
-         Integrity: Be real
-         Accountability: If it is to be, it’s up to me
-         Passion: Committed in heart and mind
-         Diversity: As inclusive as our brands
-         Quality: What we do, we do well
Ringkasan
·        Vision: an image of our desired future
·        Purpose of mission: what the organization is here to do; and
·        Values: how we expect to travel to where we want to go;
·        Goals: milestones we expect to reach before too long.
Mata Kuliah Manajemen Organisasi

0 komentar:

Poskan Komentar